-->

Cara Mengisi DHGTK / Absen Guru Online yang Benar

Mengisi absensi kehadiran dari para guru ini adalah tugas dari para operator dapodik sekolah. Nah untuk membantu anda dalam menjalankan tugas baru ini, saya akan memberikan panduan mengenai Cara Mengisi Absen Guru Online yang Benar.

 Cara Mengisi Absen Guru Online yang Benar


Adapun link utama Aplikasi SIM Kehadiran Guru itu ialah http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id, namun karena saking banyaknya orang yang mengakses alamat tersebut menyebabkan website tersebut sulit diakses atau mengalami server down.

Maka dari itu, kami menganjurkan kepada anda untuk menggunakan link alternatifnya saja yang beralamat di http://223.27.144.195:212/ guna mengisi absen guru secara online.

Mengapa?

Sebab link alternatif tersebut tingkat pengunjungnya biasanya lebih sedikir sehingga ketika anda mengaksesnya akan lebih lancar.


Cara Mengisi Absen Guru Online yang Benar

Login Aplikasi

Silakan menuju halaman SIM Kehadiran Guru pada url http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id Jika laman tersebut sulit diakses silakan memilih mirornya di http://223.27.144.195:212 atau http://223.27.144.195:2017/

Pada menu login silakan masukkan NPSN sekolah, user dan password dapodik kemudian ketik juga angka acak yang tampil di bawahnya. Jika sudah pilik tombol login. Tunggu hinga masuk ke beranda aplikasi.

Buat Kalender Sekolah

Kalender Sekolah DHGTK dejarfa.com
Kalender Sekolah DHGTK
Setelah berhasil login, jangan lupa membuat terlebih dahulu Kalender Pendidikan Sekolah. Letaknya ada pada menu Data Sekolah - SUb-Menu Kalender Pendidikan.
Lakukan perubahan seperlunya dengan memili menu edit atau bisa dengan cara memilih tombol OK jika hendak menggunakan kalender pendidikan yang telah disediakan sistem.

Buat Daftar Hadir

Setelah berhasil masuk ke beranda aplikasi silakan pilih menu kehadiran dan akan tampil Menu Data Kehadiran Guru. Apabila daftar hadir belum tersedia maka buatlah dengan cara memilih menu buat daftar hadir pada bagian atas dengan warna merah. Jika tak juga muncul daftarnya silakan perbaharui laman pada menu refresh.

Isi Daftar Hadir

Untuk mengisi absensi guru online, silahkan contreng setiap hari sesuai jadwal kehadiran guru. Jika ada rekan guru yang berhalangan hadir karena sakit, izin ataupun dinas luar silahkan pilih menu data guru lalu pilih ptk tersebut kemudian pilih tombol "input surat izin/dinas luar/sakit".
Pengisian Surat Izin Dinas DHGTK dejarfa.com
Pengisian Surat Izin Dinas DHGTK
Pada menu isian input surat izin, isikan nomor surat ijin, perihal surat ijin, tanggal surat ijin, ditandatangani kepala sekolah, NIP, jabatan serta jenis izinnya. Lengkapi setiap kolomnya lalu pilih tombol simpan.

Logout Aplikasi

Apabila telah selesai melakukan pengisian absensi guru jangan lupa memilih tombol simpan pada bagian atas sebelah kanan. Hal ini dilakukan supaya data yang telah diisi tersimpan si server.

Lakukan tahapan pengisian absen online untuk setiap bulannya sesuai kondisi riil disekolah, bagi rekan rekan yang ingin memiliki panduannya Admin sediakan di akhir tulisan.

Perihal Penting Terkait Absensi Online GTK

  1. Tugas Absen online merupakan tugas sekolah bukan operator sekolah (siapa saja yg ditugaskan kepala sekolah)
  2. SIM Kehadiran Guru (DHGTK) hanya untuk absensi guru sementara bagi tenaga kependidikan tidak perlu Data absensi online nantinya akan masuk kedalam SIM Pembayaran
  3. Salah satu manfaat absensi online adalah untuk memastikan guru mengajar pada dua sekolah atau tidak (Satmikal – Non Satmikal)
  4. Apabila pada data kehadiran terdapat guru yang belum masuk aplikasi absensi periksa penugasan (Pembelajaran) di dapodik, perbaiki lalu sinkronisasi
  5. Absensi online untuk semua guru baik guru sertifikasi maupun belum
  6. Mengisi absensi online tidak harus setiap hari, usahakan jangan melampaui batas bulan.
  7. Dalam pengembangannya akan ada login dinas sehingga dinas bisa mengunduh data kehadiran
  8. Pada Aplikasi seluruh kolom hadir tercentang otomatis. Tugas petugas absensilah membuang centangan sesuai dengan kehadiran guru
  9. Jika guru B hadir disekolah B maka petugas absensi harus mencontreng hadir guru B disekolah
  10. Sebaiknya mengisi setiap hari, jika tidak memungkinkan usahakan tidak melewati batas bulan dalam pingisian, berdasarkan pengalaman rekan-rekan jika melewati bata bulan maka kehadiran tidak dapat diubah, artinya absen tidak terisi sebagaimana seharusnya.
Panduan Cara Mengisi Absen Kehadiran Guru Online.pdf
Apabila proses pengisian data kehadiran sudah selesai  selesai, maka silahkan klik pada tombol Simpan supaya laporan data kehadiran guru sekolah tersbut berhasil di simpan ke dalam server pusat.

Demikin gambaran tentang Cara Mengisi DHGTK / Daftar Hadir Guru Online di SIM Kehadiran, jika sudah mengisi absen online dapat melihat hasilnya pada Cara Cek Info GTK di SIM PKB. semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengisi DHGTK / Absen Guru Online yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel